Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Rabu, 06 November 2013

45 Pembina Pramuka Ikut KMD Kawarcab 0404

Rabu, November 06, 2013 By Unknown No comments

45 Pembina Pramuka Ikut KMD Kawarcab 0404
BENGKALIS [ArtikelKeren] NEWS - Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis terus melakukan berbagai upaya dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan para Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka yang ada di daerah ini. Hal ini dilakukan agar dalam membina peserta didik, para Pembina maupun Pembantu Pembina Pramuka tersebut benar-benar dapat mewujudkan dan mencapai tujuan gerakan Pramuka.

Untuk itu, sebanyak 45 orang Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka dari berbagai Kwartir Ranting dan Gugus Depan di Kabupaten Bengkalis, mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Cabang Bengkalis Tahun 2013. Bertempat di Aula Gedung Pramuka di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa, kursus yang akan berlangsung hingga 11 November mendatang itu, Rabu (6/11/2013), secara resmi dibuka Ketua Wakil Ketua Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis, H. Umran.

Umran mengatakan KMD yang pelaksanaannya dikoordinir Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis itu dilakukan untuk menjawab kendala kualitas dan kuantitas Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka di daerah ini.

''Sehingga proses pendidikan kepramukaan di setiap Gugus Depan dan Satuan yang ada dapat berjalan dengan baik dan bermuara pada tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan di daerah ini'', jelas Umran didampingi sejumlah Pengurus Kwarcab 0404 lainnya.

Di samping itu, tambah Umran, KMD ini dilakukan Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis untuk mengantisipasi pelaksanaan Kurikulum 2013 yang menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

''Pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut jelas memerlukan penambahan tenaga pembina mahir guna mengelola Gugus Depan dan Satuan yang akan melaksanakan kurikulum tersebut. Kegiatan KMD ini merupakan salah satu upaya Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut,'' imbuh Umran yang juga Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bengkalis ini.

Mengenai jumlah peserta didik di Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis, mantan Sekertaris DPRD Bengkalis ini menjelaskan, pada Juni 2013 tercatat sebanyak 28.746. Sementara jumlah Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka hanya 1.064 orang.

Menurut Umran lagi, idealnya perbandingan antara Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka dengan peserta didik itu 1:8 atau maksimum 1:10. Artinya, dengan jumlah peserta didik 28.746 orang itu, diperlukan sedikitnya 2.874 orang Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka.

''Kegiatan KMD Tahun 2013 ini juga merupakan upaya Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis untuk mengurangi kesenjangan dimaksud,'' papar Umran seraya mengatakan selain KMD Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis juga melaksanakan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan.

Sementara itu Ketua Pelaksana KMD, Jumali menjelaskan, KMD dilaksanakan Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka kepada seluruh peserta.

Kata Jumali, setelah mengikuti KMD, seluruh peserta bukan saja dapat menerapkan kepramukaan secara efektif dan efsien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya. Tetapi juga mampu membina dan mengembangankan mental, fisik, intelektual, emosial dan sosial sesuai dengan golongannya, sehingga mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.

''Selain itu, melalui KMD ini seluruh peserta nantinya juga diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka. Kemudian, mampu mengelola program kegiatan peserta didik sesuai dengan golongan dan mengelola satuannya,'' ujarnya.

Sumber : halloriau

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN