Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Selasa, 09 Juli 2013

Dua Kali Balimau Kasai Batu Belah Tanpa Partisipasi Pemkab

Selasa, Juli 09, 2013 By Unknown No comments

Dua Kali Balimau Kasai Batu Belah Tanpa Partisipasi Pemkab
BANGKINANG [ArtikelKeren] NEWS - Pelaksanaan Balimau Kasai menyambut Bulan Suci Ramadhan 1434 Hijriah, tampaknya belum jelas. Ketidakjelasan itu yakni terletak pada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kampar.

Hal itu terbukti lewat informasi yang diperoleh Halloriau.com, dari seorang pejabat di Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar, Selasa (9/7/2013). Orang dalam pada SKPD sebagai corong informasi dari Pemkab Kampar ini mengaku belum mendapat kabar soal titik dimana dilaksanakannya Balimau Kasai akan dihadiri Bupati.

"Itulah belum ada informasi. Tentunya yang (Balimau Kasai) yang dihadiri oleh Bupati, kan," ujar sumber ini. Ditanya soal bantuan pemerintah berupa dana untuk mensukseskan pelaksanaan Balimau Kasai, ia juga belum mendapat informasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Samsul Bahri mengungkapkan, Balimau Kasai adalah sebuah tradisi yang memiliki nilai pariwisata. Dikatakan, kegiatan itu memiliki daya tarik bagi wisatawan baik dari daerah lain di Provinsi Riau, bahkan dari Sumatera Barat.

Dikatakan, Pemerintah bukannya tidak mendukung. Meski dari segi dana, kata dia, Pemerintah tidak bisa memberi bantuan berbentuk hibah kepada panitia karena tidak ada payung hukum yang mengaturnya.

Tahun lalu, Pemkab Kampar, melalui Bupati Jefry Noer, menyatakan tidak membantu pelaksanaan Balimau Kasai. Alasannya, nilai yang terkandung dalam tradisi dengan sebutan lainnya juga adalah Mandi Balimau itu sudah melenceng dari semula.

Disebutkan kala itu, kegiatan itu kerap dijadikan para kaula muda untuk melakukan perbuatan menyimpang dari nilai agama. Hal itulah membuat Pemkab juga tidak memberi bantuan dana kepada panitia. Meski begitu, panitia di sejumlah kecamatan tetap melaksanakan hajatan yang selalu dinanti-nanti setiap akan Ibadah Puasa dimulai.

Katakanlah di Desa Batu Belah, Kecamatan Kampar yang termasuk paling besar pelaksanaannya se-Kampar. Pelaksanaan mandi balimau di desa itu dimeriahkan dengan perlombaan perahu hias di aliran Sungai Kampar, tanpa bantuan Pemerintah.

Kepala Desa Batu Belah Suhelmi mengungkapkan, Panitia Balimau Kasai telah dibentuk. Ditanya soal bantuan pemerintah, ia belum mengaku belum mendapat informasi dari panitia. Termasuk yang akan membuka acara tersebut. "Belum ada laporan dari panitia. Sepertinya nggak ada bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Ia menyebutkan, dana untuk pelaksanaan Balimau Kasai terkumpul dari swadaya masyarakat. Hari puncak Mandi Balimau akan digelar pada Selasa (9/7/2013) hari ini. Dikatakan, puluhan perahu hias akan ikut memeriahkan Balimau Kasai tersebut.

Ketua Panitia setempat Ajisman mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. "Tapi, jawabannya dana kosong, jadi sudah 2 kali acara balimau kasai di Batu Belah tidak di bantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kampar, pertama Tahun 2012 dan Tahun 2013 sekarang, " ujarnya menyatakan bahwa masyarakat pasrah saja.

Ia menyebutkan, Balimau Kasai diikuti oleh 20-25 perahu hias. Kegiatan itu rencananya akan dibuka oleh Wakil Bupati Kampar. "Kalau Bupati, kan tidak akan respon acara Balimau Kasai," ungkap Ajisman. (Aulia)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN