Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 28 November 2013

Kasus Dokter Ayu, Diklaim Pertama Kali di Dunia

Kamis, November 28, 2013 By Unknown No comments

BANDUNG [ArtikelKeren] NEWS - Banyak pihak mendukung sekaligus bingung dengan aksi mogok yang dilakukan para dokter hampir di seluruh kota di tanah air sebagai bentuk dukungan terhadap kasus hukum dokter Ayu cs. Namun, menurut Dosen Fakultas Kedokteran Maranatha dr. Teguh Widjaja, aksi itu wajar karena ini pertama kalinya terjadi di mana seorang dokter diadili karena komplikasi tindakan.

"Kami protes karena ini adalah kasus pertama di dunia seorang dokter di penjara karena komplikasi tindakan padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar," ujar Teguh melalui rilis kepada wartawan, Rabu, (27/11).

Teguh yang juga dokter di Rumah Sakit Imanuel Bandung itu mengungkapkan para dokter protes karena pasien meninggal akibat emboli paru, suatu komplikasi langka yang jarang terjadi. Di mana kejadian itu bisa terjadi tanpa dapat dicegah yang bahkan lebih sering terjadi di luar negeri daripada di Indonesia.

"Kami ajukan protes ini karena di luar negeri bahkan di USA sekalipun dokter tidak dipenjara apabila terjadi komplikasi tersebut," tegasnya.

Menurutnya, para dokter tidak dapat menerima karena pertimbangan untuk menghukum Ayu cs adalah karena dianggap lalai tidak memberitahu keluarga bahwa pasien bisa meninggal karena operasi tersebut. Ia menyatakan tidak ada dokter yang pernah dengan sengaja ingin pasiennya meninggal.

"Ini bisa jadi preseden buruk, sehingga ke depannya akan banyak dokter yang dihukum penjara karena pasien mati padahal dokter tersebut sudah berusaha sekuat tenaga untuk menolong," tegasnya. Di Bandung, para dokter di sejumlah klinik swasta melakukan aksi mogok dengan tidak melayani pasien. Pasien yang dilayani hanya yang berada di UGD. Sementara itu, sisanya melakukan aksi unjukrasa damai. Mereka berkumpul di depan Gedung Sate dan berunjukrasa di depan Kampus Kedokteran Unpad. (ak27/jpnn)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN