Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Minggu, 28 Juli 2013

Perayaan HUT Bengkalis Menuai Protes

Minggu, Juli 28, 2013 By Unknown No comments

Perayaan HUT Bengkalis Menuai Protes
BENGKALIS [ArtikelKeren] NEWS - Pasca terjadinya pergantian kepala daerah di Kabupaten Bengkalis tahun 2010 lalu, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bengkalis tak pernah lagi dirasakan kalangan masyarakat.

Bahkan, untuk kali ketiga atau bertepatan dengan HUT ke 501 tahun pada 2013 ini, peringatan HUT hanya dilaksanakan dalam bentuk rapat paripurna istimewa oleh kalangan legislatif (DPRD) dengan eksekutif (pemerintah) saja.

Hal ini tentu memantik rasa kecewa dan reaksi dari berbagai kalangan di Bengkalis. Termasuk tokoh masyarakat Bengkalis, H Effendi Buntat. Ia menilai, HUT merupakan sesuatu yang sakral dan istimewa, dan perlu juga dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Sudah tiga tahun ini masyarakat tidak pernah lagi merayakan hari jadi Bengkalis. HUT Bengkalis ini hanya dirayakan setiap tahunnya pada rapat paripurna istimewa yang dihadiri kalangan terbatas di Kantor DPRD Bengkalis," ujar Effendi Buntat, Minggu (28/7/2013).

Menurut Effendi lagi, memang peringatan HUT Bengkalis masih menjadi kontroversi hingga kini. Pasalnya, Pemerintah dan DPRD masih belum memutuskan peringatan tersebut apakah untuk HUT Kabupaten,Kota,atau pulau Bengkalis.

"Kita tahu, soal HUT Bengkalis ini masih menjadi kontroversi, tetapi kalau memang dinilai ada keganjilan, tapi kok tetap diperingati oleh eksekutif dan legislatif, padahal seharusnya dikaji ulang dan tak usah digelar paripurna istimewa," cetusnya.

Buntat menilai, apakah dengan meniadakan perayaan HUT Bengkalis memberikan kesan mubazir patut dipertanyakan, karena pada hakikatnya tujuan dari perayaaan hari jadi itu adalah menyatukan seluruh etnis dan suku yang bermukim di Bengkalis, dalam satu bingkai persatuan dan kesatuan.

Langkah kedua institusi tersebut menurutnya dinilai aneh. Disisi lain ada pendapat bahwa penetapan HUT Bengkalis yang dilakukan dimasa Bupati Syamsurizal itu prematur, nyatanya tetap diperingati tanpa melibatkan masyarakat.

Senada dengan itu, Sekretaris KNPI Kabupaten Bengkalis M.Fachrorozi Agam menyentil sikap DPRD dan Pemkab Bengkalis, yang meniadakan perayaan hari jadi tersebut sejak tahun 2010 lalu untuk masyarakat.

"Dahulu ada perayaan HUT Bengkalis seperti pawai budaya, pelangi nusantara serta pameran budaya dan seni yang melibatkan seluruh etnis dan suku yang bermukim di Bengkalis. Sekarang tradisi itu dihapus dengan alasan tak jelas, sementara DPRD dan eksekutif tetap merayakan HUT Bengkalis di dalam ruangan," pungkas Agam.

Sorotan soal HUT Bengkalis juga diutarakan Syafril Naldi, pemerhati sosial pembangunan yang menyebut bahwa soal HUT Bengkalis harus dibuka ke ruang publik.

Apabila terjadi kesalahan perlu ditinjau ulang, dengan melibatkan seluruh elemen yang ada. Nyatanya, kritikan yang pernah dilontarkan kalangan dewan dan eksekutif menyangkut hari jadi Bengkalis justru tak pernah ditindaklanjuti mereka.

"Saya menilai polemik yang dimunculkan, malahan dijawab sendiri oleh eksekutif dan legislatif dengan melaksanakan perayaan bersama HUT Bengkalis melalui paripurna istimewa. Ini prilaku aneh pengambil kebijakan di Bengkalis, terkesan tidak setuju tapi tetap merayakan," papar Syafril Naldi.(Alfisnardo)

Sumber : halloriau

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN