Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 28 November 2013

Bupati : Pemekaran Desa Hanya Berpisah Administrasi Saja

Kamis, November 28, 2013 By Unknown No comments

BUKIT BATU [ArtikelKeren] NEWS - Peresmian desa baru, pada hakikatnya merupakan penegasan dari masyarakat desa yang ingin membangun wilayahnya secara mandiri. Momentum peresmian desa baru harus dibarengi dengan kesadaran akan tujuan dari pembentukan atau pemekaran desa, yakni mengoptimalkan dan mempercepat pelayanan masyarakat di tingkat desa. Dimana Desa Pakning Asal merupakan pemekaran Desa Sejangat dan Desa Batang Duku pemekaran Desa Sungai Selari.

Hal itu diungkapkan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam sambutannya saat melantik penjabat Kepala Desa Batang Duku dan Kepala Desa Pakning Asal, digedung serbaguna Kecamatan Bukit Batu, Kamis (28/11/2013)

Dikatakannya bahwa pemekaran sebuah desa baru dari desa induk, hanya sebatas berpisah dari segi administrasi. Dan jangan sampai memisahkan ikatan emosional dengan saudara-saudara dari desa induk. Posisi desa pemekaran layaknya seorang adik, dituntut harus banyak bertanya dan belajar dengan si abang (desa induk), terutama dalam hal program kerja untuk membangun desa Pemekaran ini, agar menjadi desa yang mandiri dan maju. Intinya pemekaran desa ini semata-mata dalam upaya pemerataan pembangunan.

"Setelah peresmian Desa Batang Duku dan Desa Pakning Asal ini, saya minta kepada penjabat Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk bergerak cepat dan gesit dalam menata organisasi pemerintah desa, seperti melakukan rekruitmen perangkat desa, memfasilitasi pembentukan badan permusyawaratan desa (BPD) dan penataan atau menentuan kantor desa. Selain tugas-tugas rutin memberikan pelayanan kepada masyarakat, diharapkan kepada saudara penjabat kepala desa juga harus dapat menjaga kewibawaan lembaga pemerintah desa,'' ungkap Herliyan.

Selanjutnya, Herliyan juga menambahkan, setelah perangkat desa dan BPD terbentuk, penjabat kepala desa harus melakukan musyawarah desa dengan perangkat desa dalam rangka untuk menyusun anggaran pendapatan belanja desa (APB-Des) tahun 2014 yang didalamnya terdapat Alokasi Dana Desa (ADD). Disamping itu, penjabat kepala desa dan perangkat desa segera berkoordinasi bersama pemerintah kecamatan dalam rangka mempersiapkan pemilihan kepala desa definitif dalam jangka waktu selambat-lambatnya satu tahun.

"Perlu diketahui bersama, bahwa pemekaran desa, disamping mempermudah rentang pelayanan, juga untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pembangunan di desa pemekaran," kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan, bahwa program Inbup PPIP, dimana masyarakat dapat langsung membuat rencana dan program pembangunan infrastruktur di lingkungannya. Seperti, pembangunan jalan lingkungan, drainase, jembatan dan sarana umum lainnya yang dapat dikerjakan langsung oleh masyarakat desa. Kedepan masyarakat desa pemekaran bisa berperan aktif dalam pembangunan di desanya. Namun perlu diingat untuk tahun pertama, tentunya fokus kebijakan desa pemekaran masih berorientasi pada penataan kelembagaan organisasi pemerintah desa.

Sementara itu Camat Bukit Batu, Fadlul Wajdi mengatakan, bahwa Penjabat Kepala Desa Pakning Asal dipimpin oleh Akmaluddin dan Penjabat Kepala Desa Batang Duku dipimpin oleh Herli. Dirinya berharap kepada kedua penjabat Kepala Desa untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Yang mana pemekaran desa ini merupakan untuk meningkatkan pelayanan yang ada di tingkat Pemerintah Desa kepada masyarakat. Kita juga berharap kepada keduanya untuk menjaga amanah yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan sebaik-baiknya," tutup Camat. (ak27/halloriau)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN