Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Sabtu, 23 November 2013

Bongkar Century, KPK Dapat Informasi Penting dari JK

Sabtu, November 23, 2013 By Unknown No comments

JAKARTA [ArtikelKeren] NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Presiden ke-10 M. Jusuf Kalla, Kamis (21/11) lalu. Pria yang akrab disapa JK itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Menurut Ketua KPK Abraham Samad, lembaganya memeriksa JK karena dia dianggap mengetahui persoalan kasus Century. Sehingga KPK bisa mengungkap aktor intelektual kasus itu.

"Ini agar kita bisa mengungkap intelektual dader (aktor intelektual) dari kasus ini," kata Abraham usai memberikan pembekalan di acara Rapimnas ke V Partai Golkar di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Sabtu (23/11).

Ia menjelaskan, banyak hal yang sangat signifikan didapatkan KPK dalam pemeriksaan JK. Namun, Abraham enggan membeberkan informasi yang didapatkan lembaganya dari keterangan JK.

"Itu sifatnya rahasia karena itu menyangkut strategi penindakan, penyidikan. Kalau saya ungkapkan di publik itu akan bisa mengacaukan, mengaburkan sistem penyidikan yang sedang dilakukan KPK," ujar Abraham.

Seperti diketahui, JK mengaku dicecar penyidik KPK mengenai penentuan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dan pemberian FPJP. Ia juga menjelaskan mengenai rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia saat itu dan Sri Mulyani yang kala itu menjabat Menteri Keuangan hadir dalam rapat itu.

Awalnya peserta yang hadir dalam rapat itu menyetujui tidak ada krisis ekonomi di Indonesia. Namun keputusan itu berubah setelah ada rapat di Kementerian Keuangan.

"Tapi beberapa jam kemudian, mereka rapat di keuangan kemudian subuh memutuskan adanya gagal sistemik pada suatu bank yang membahayakan, padahal sebenarnya itu tidak perlu," kata JK.

JK mengaku tidak mengetahui mengenai rapat yang memutuskan bahwa Century adalah bank gagal berdampak sistemik. "Saya tidak tahu. Itu kan rapat malam-malam," katanya.

Awalnya, dana talangan untuk Century hanya dianggarkan sebesar Rp 630 miliar. Namun, dua hari berselang, dana itu membengkak hingga Rp 2,5 triliun. Dana itu terus menggelembung hingga Rp 6,7 triliun. JK menganggap hal itu sebagai suatu keanehan. "Yang aneh sebenarnya, bahwa ada bank gagal, gagalnya 630 miliaran, tapi dalam waktu tiga hari dibayar 2,5 triliun," kata JK. (ak27/jpnn)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN