Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 10 Oktober 2013

Ujian CPNS Diikuti 34.202 Pelamar

Kamis, Oktober 10, 2013 By Unknown No comments

PEKANBARU [ArtikelKeren] NEWS - Ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 baik melalui metode ujian tulis dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) maupun Computer Assisted Test (CAT) di enam kabupaten/kota di Riau akan diikuti 34.202 pelamar.

Untuk ujian tulis LJK akan dilaksanakan pada 3 November mendatang. Sementara ujian CAT (khusus Kota Pekanbaru) akan dilaksanakan 21 Oktober.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau memastikan master soal ujian tulis sudah dijemput ke Kemen PAN-RB pada 2 Oktober.

Master soal ini akan dibuka pada 19 Oktober oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan didampingi Tim Pengawas.

Hal ini diungkapkan Kepala BKD Riau, Surya Maulana usai rapat koordinasi dalam rangka pengawalan seleksi
CPNS 2013 Provinsi Riau di kantor Gubernur, Rabu (9/10). Menurutnya, peran daerah sebagai panitia yang menyiapkan tempat, semua soal dibuat konsorsium Men PAN-RB, Mendikbud dan 10 PTN di Indonesia.

‘’Master sudah tersimpan di tempat yang aman. Nanti akan ditentukan dengan pengawalan melalui koordinasi dengan pusat. Dan baru pada 19 Oktober dibuka,’’ ungkapnya.

Dengan adanya pengawasan dari pusat yang direpresentasikan di daerah, lanjutnya, maka akuntabilitas dan bebas KKN bisa maksimal pada seleksi penerimaan tahun ini.

Sementara pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan, Kamis (10/10) ini, tercatat sekitar 34.202 pendaftar. Pengumuman akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota untuk kemudian mengikuti tes tulis secara serentak seluruh Indonesia 3 November mendatang.

‘’Berdasarkan data kabupaten/kota, ada 34.202 pendaftar yang mengikuti ujian seleksi CPNS 2013 pada Kamis besok (hari ini, red). Bagi yang lulus administrasi diharapkan segera mempersiapkan diri,’’ sambungnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Riau Mulyana yang hadir dalam rakor kemarin menetapkan tim pengawas yang terdiri dari BPKP, Polri, Ombudsman RI, BIN dan Koordinator LSM serta pihak terkait di pemerintahan.

‘’Tugasnya adalah mengawal, mengawasi proses, supaya transparan. Adanya di pusat, namun tetap direpresentasikan di daerah melalui perwakilan yang ada,’’ jelasnya.

Diceritakan Mulyana, mulai persiapan tes, pelaksanaan, sampai pengiriman tes ke pusat nantinya akan diawasi tesnya agar berjalan benar-benar. Timwas juga akan dikawal terus dipusat. Apabila ada kecurangan, lanjutnya maka akan ditelaah lebih dulu, dan selanjutnya akan dilaporkan ke Timwas Nasional, dan ditindaklanjuti dengan segera.

Sementara itu, guna mencegah jangan sampai terjadi praktik perjokian, maka saat absensi LJK atau CAT harus meminta KTP. ‘’Diumumkan dulu nanti sebelum masuk ruangan oleh panitia sehingga bukti tes dan KTP bisa jelas dan sesuai calon. Sehingga bisa menghindari adanya joki,’’ tambahnya.

Dari Rokan Hilir, hasil seleksi administrasi CPNS akan di lingkungan Kabupaten Rohil dipusatkan di dua lokasi. Yakni di kantor BKD di Jalan Perwira Bagansiapi-api dan Gedung Serbaguna di Jalan Gedung Nasional Bagansiapi-api.

‘’Insya Allah, hasil seleksi administrasi itu kita laksanakan, Kamis (10/10) hari ini,’’ kata Kepala BKD, Roy Azlan, Rabu (9/10). Sedangkan Jadwal pengambilan nomor untuk peserta ujian tertulis/Tes Kompetensi Dasar (TKD), tambah Roy Azlan, dimulai 22-25 Oktober pukul 09.00 WIB hingga 14.30 WIB di Taman Budaya Batuenam atau purna MTQ Bagansiapi-api.

‘’Apabila peserta berhalangan mengambil nomor peserta ujian, maka bisa diwakilkan dengan membawa surat kuasa bermaterai Rp6.000 dengan menyerahkan foto kopi kartu identitas diri peserta dan penerima kuasa,’’ kata Roy Azlan.

Sementara BKD Kuansing mengungkapkan, dari sekitar 4.959 pelamar, diperkirakan yang lulus seleksi adminitrasi 4.202 orang. Artinya, ada 757 pelamar yang tidak lolos.

‘’Rencananya memang hari Kamis akan diumumkan serentak bersama seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang menggelar seleksi penerimaan CPNS 2013 ini,’’ ujar Sekretaris BKD Kuansing Drs Yulpides kepada wartawan, Rabu kemarin.

Mengenai lokasi pengumuman, ujarnya, selain di BKD Kuansing juga akan ditempelkan di masing-masing kecamatan, dinas pendidikan, dan dinas kesehatan, sehingga yang berada di kecamatan dapat melihat dengan cepat dan tidak perlu ke BKD. ‘’Dan di tempat-tempat umum lainnya,’’ ujar Yulfides.

Sementara Panitia pelaksana penerimaan CPNS Siak 2013 mengumumkan, dari 9.021 jumlah pelamar yang masuk, sebanyak 2.014 pelamar tak lolos seleksi administrasi, dan yang dinyatakan lulus 7.007 pelamar.

Pelamar yang tak lulus ini merata di semua formasi terdiri dari; Tenaga Pendidik jumlah pelamar 2613, sementara yang lulus 1.711, Tenaga Kesehatan 5.373, yang lulus 4.521 dan Tenaga Teknis 1.035 yang lulus 775.

‘’Kami telah melakukan pemeriksaan yang akurat terhadap pemeriksaan ini,’’ kata Kepala BKD Siak Drs Prawira Rafadi MSi, Rabu (9/10) malam.

Menurut dia, keputusan pengumuman hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan, hari ini, Kamis (10/10) di kantor bupati, kantor dinas, badan, kantor dan kecamatan.

Sementara untuk informasi pengumuman, akan diumumkan di koran ini. Ia menyebut, pelamar yang dinyatakan tak lulus administrasi ini disebabkan banyak hal, terutama menyangkut dengan persyaratan, di antaranya tak malampirkan kartu kuning yang asli, kemudian tak leges KTP.

‘’Bahkan, ada ijazah yang tak sesuai formasinya,’’ tegas Prawira. Disamping itu, lanjut pelamar yang usianya sudah lewat. Dan untuk Tenaga Kesehatan ada yang tak melampirkan surat tanda registrasi, dari majelis tenaga pendidikan.

Semua persyaratan ini lanjut dia, yang tak dilengkapi pelamar, sehingga panitia penerima tak meluluskannya. Untuk pengumuman sendiri lanjut dia, yang diumumkan hanya pelamar yang lulus, dan pelamar dapat melihat langsung di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Bagaimana dengan komplain pelamar? Dijelaskan Prawira, panitia siap melayani. Jika pelamar merasa memenuhi persyaratan namun dinyatakan tak lulus, bisa ditanyakan langsung. ‘’Kami miliki bukti,’’ sebut dia.

Sumber : riaupos.co

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN