Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 10 Oktober 2013

Nelayan Bantan 'Alih Profesi' Jadi Pemburu Batu Mulya

Kamis, Oktober 10, 2013 By Unknown No comments

Nelayan Bantan 'Alih Profesi' Jadi Pemburu Batu Mulya
BENGKALIS [ArtikelKeren] NEWS - Seminggu terakhir warga Kecamatan Bantan dihebohkan dengan penemuan batu mulia seperti emas, tembaga dan berbagai jenis lainnya pada material base yang digunakan untuk menimbun jalan di Kecamatan Bantan. Tapi yang pasti, timbunan base di sepanjang jalan bantan penuh sesak dengan warga mencari 'keberuntungan'.

Semula penemuan batu cantik tersebut terjadi disekitar sungai Liong desa Bantan Tengah, karena saat bersamaan jalan tersebut sedang ditimbun base yang didatangkan dari Balai. Adalah warga suku asli yang tinggal disekitar sungai Liong yang menemukan batu berkilat tersebut, lantas cerita menyebar dan tidak hanya warga asli warga Bantan lainnya juga ikut berburu batu cantik.

''Kabarnya sudah ada toke di Bengkalis yang membeli Rp. 150 ribu hingga Rp. 250 ribu batu-batu tersebut. kalau dilihat memang cantik dan berkilau seperti emas, bahkan ada yang menggoreskan ke kaca lalu kacanya terbelah, persis seperti tembaga pembelah kaca,'' kata Sobirin warga Bantan, Kamis (10/10/2013).

Tidak hanya di Bantan Tengah, pencarian batu cantik tersebut sampai ke ceruk kampung. Sejumlah warga desa Kembung Luar juga berburu batu yang disebut-sebut mengandung partikel emas tersebut. ada yang mencari di lokasi penumpukan material base didekat jembatan Kembung, ada juga yang mencari di jalan-jalan dimana material base sudah disebarkan.

Jika tak sempat mencari waktu siang, sebagian warga mencarinya ketika menjelang malam. Mereka ramai-ramai menggunakan senter untuk mencari batu-batu cantik tersebut. ''Kalau malam lebih mudah, karena batu cantik itu akan bersinar saat berpapasan dengan cahaya senter,'' kata Fadhli warga Kembung Luar.

Sebagian warga bahkan sampai tidak melaut seperti hari-hari biasa, mereka lebih memilih menambatkan pompongnya lalu mencari batu-batu yang terus ramai diperbincangkan tersebut. ada warga bahkan sudah menyimpang satu kantong besar batu-batu hasil pencariannya selama beberapa hari. ''Sekarang masih saya simpan, mana tahu besok ada yang mau beli,'' ujar Sudin warga Kembung Luar lainnya.

Sementara warga lainnya, Khaironi juga tak mau ketinggalan. Bersama istrinya, pria yang sehari-hari bertugas di SD 040 ini juga ikut mengadu peruntungan di timbunan base yang tak jauh dari rumahnya.

''Sebetulnya penasaran saja, kok ramai-ramai berburu batu emas. Ya untuk menghilangkan penasaran kami ikutan juga mencari,'' ujar Khaironi yang mengaku menemukan batu-batu cantik tersebut.

Seperti dikatakan Darti, batu-batu yang ditemukan warga tersebut memang terlihat cantik dan berkilau memantulkan cahaya. Batu-batu tersebut sebagian berwarna kuning seperti emas atau tembaga. ''Bisa jadi memang emas, hanya kalau memang emas tidak mungkin pemecah batu di balai sana tidak tahu,'' ujar Darti.

Terpisah, Kepala Dinas PU Bengkalis M Nasir saat sedang dihubungi belum bisa memberikan penjelasan karena sedang rapat. ''Maaf saya sedang rapat, nanti kontak lagi,'' ujarnya sambil memutuskan pembicaraan.

Sumber : halloriau

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN