Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Sabtu, 13 Juli 2013

Tidak Benar Ini Penyebab Lantai Keramik Gedung DPRD Pekanbaru Rusak

Sabtu, Juli 13, 2013 By Unknown No comments

Ir. Rony Ardiansyah MT, IPU
PEKANBARU [ArtikelKeren] NEWS - Kerusakan lantai keramik di Gedung DPRD Kota Pekanbaru memang sepantasnya dijakdikan pertanyaan. Selain gedung ini baru saja selesai, kerusakan juga terjadi tak hanya di satu tempat.

"Dengan kerusakkan yang terjadi itu, diduga kesalahannya terletak dari metode pekerjaan yang tidak benar dari awal. Akibat tanggalnya keramik tersebut tentu ada penyebabnya, apakah kepadatannya dan ketidak-rataannya atau lainnya. Yang jelas ada penyebab keramik itu sampai lepas," kata pengamat perkotaan dan rekontruksi bangunan Ir. Rony Ardiansyah MT, IPU, kepada Halloriau.com, Sabtu (13/7/2013).

Ia juga menyimpulkan, terlepas atau retak, ini bisa terjadi karena proses pemasangan yang salah atau tidak sempurna, sehingga pada waktu terjadi pemuaian, maka perekat tidak dapat menahan keramik tersebut dari lantai kerja (lapisan adukan semen tepat di bawah keramik tersebut). ''Selain itu, juga bisa disebabkan keramik tersebut memang sudah usang, atau mengalami kerusakan fisik akibat benturan dan gesekan,''ujarnya.

Sekali lagi dia menekankan, penyebab utama keramik lepas adalah daya rekat semen dibawahnya sudah tidak baik. Selain penyebabnya karena memang mutu semen perekat atau komposisi adukan semen perekat kurang tepat. Mungkin karena terlalu banyak air atau pasir, atau bisa juga pasir yang digunakan bermutu kurang bagus (pasir dengan kadar lumpur tinggi).

''Faktor lain penyebab keramik mudah lepas dari dasarnya juga bisa disebabkan saat proses pemasangan pada saat keramik hendak dipasang tidak direndam air terlebih dahulu. Hal ini berakibat penurunan daya ikat semen terhadap permukaan bagian bawah keramik,''jelasnya lagi.

Tindakan yang benar sebelum memasang keramik, kata Rony. Adalah dengan merendam keramik terlebih dahulu di dalam air selama sekitar 15 sampai dengan 20 (semakin lama, semakin baik) menit setelah itu tiriskan. Saat pemasangan keramik biarkan celah nat (jarak antara masing-masing keramik biasanya 3 sampai 5 mm) terbuka hingga semen perekat di dalamnnya kering dan keramik merekat erat.

''Setelah dirasa cukup kering kira-kira 1 sampai 2 hari, maka celah nat tersebut siap untuk diisi dengan semen dengan dicampur air guna menutup nat tersebut. Tunggu sampai kering dan ruangan akan bagus lagi, dan yang pasti tidak tersandung lagi setelah Memperbaiki Keramik Yang Lepas,'' tuturnya sembari menyebutkan bagaiman cara memasang keramik yang benar. (Aulia)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN