Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Selasa, 09 Juli 2013

Camat Ukui Tak Tahu Keberadaan PT Rimba Lazuardi

Selasa, Juli 09, 2013 By Unknown No comments

PELALAWAN [ArtikelKeren] NEWS- Pasca konflik lahan antara warga Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui dengan PT Rimba Lazuardi (RL) yang berujung pada aksi pembakaran tiga eskavator milik perusahaan, tersingkap beberapa fakta baru.

Diantaranya adalah keberadaan PT RL yang tidak pernah diketahui oleh Camat dan Kepala Desa Setempat sejak pertama beroperasi didaerah itu.

Camat Ukui, Edwardo saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurut Edwardo, dirinya baru mengetahui keberadaan perusahaan pemegang izin Hutan Tanaman Industri (HTI) itu setelah adanya konflik perusahaan dengan warga setempat.

"Sama sekali kita tidak mengenal perusahaan itu. Bahkan, jangankan untuk mengenalnya, masuk di wilayah saya saja mereka tidak pernah meminta izin dengan pihak Kecamatan. Sangat disayangkan ketika terjadi gejolak, barulah kita tahu ternyata ada investor yang berinvestasi di bumi Pelalawan ini," ungkapnya, Selasa (9/7/2013).

Padahal, sambung Edwardo, setidaknya pihak perusahaan disaat melakukan aktivitas di wilayah Kecamatan Ukui mestinya minta izin dan melakukan koordinasi maupun komunikasi. Maksudnya, agar sesuatu yang tidak diinginkan seperti yang terjadi aksi Minggu kemarin bisa dihindari.

"Sudah selayaknya jika kita ingin bertamu ke rumah orang lain, maka setidaknya mengucapkan salam dengan tuan rumah terlebih dahulu. Sangat kita sesali sesungguhnya atas aksi pembakaran alat berat milik perusahaan tersebut. Namun, masih beruntung situasi itu cepat ditangani oleh Polda Riau maupun Polres Pelalawan yang melakukan proses mediasi di Kantor Bupati pada Senin kemarin itu," bebernya.

Pada pertemuan mediasi di Kantor Bupati Senin kemarin itu (8/7), memang telah dicapai beberapa kesepakatan. Namun menurut Edwardo, masih ada lagi serangkaian pertemuan agar persoalan menjadi tuntas. Dengan begitu, diharapkan di kemudian hari takkan terjadi lagi peristiwa pembakaran-pembakaran atau hal serupa lainnya.

Sementara itu, menurut tokoh masyarakat Lubuk Kembang Bunga, yang meminta namanya dirahasiakan, membeberkan bahwa jangankan
Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat lainnya, seorang Bupati Pelalawan saja tidak mengetahui persis keberadaan PT Rimba Lazuardi berinvestasi di bumi Seiya Sekata.

"Perusahaan itu sangat arogan, sehingga aksi kemarahan masyarakat pada Minggu kemarin (7/7/2013) telah sampai ke puncaknya.

Pasalnya, sebelum kemarahan warga itu meletus, pihak perusahaan juga ada melakukan ancaman melalui karyawannya terhadap warga yang menguasai lahan yang telah ditanami kelapa sawit berumur tiga tahun itu.

Menurutnya, jika hanya konflik lahan, diyakini aksi warga melakukan tindakan pembakaran tersebut.

Ditambahkannya, bahwa PT Rimba Lazuardi yang mengklaim bahwa lahan yang telah ditanami warga dengan kelapa sawit itu juga miliknya. Menurutnya, ancaman lainnya yang juga ditunjukkan pihak perusahaan adalah tatkala melakukan pengrusakan kebun kelapa sawit milik warga tersebut.

"Intinya, PT Rimba Lazuardi ini sangat arogan, mestinya diusir saja dari Bumi Pelalawan ini. Sementara kewajibannya untuk memberikan tanaman kehidupan kepada masyarakat, hingga kini tidak pernah terealisasi", ujarnya.(Andy/MRnwtwork)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN