Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 21 November 2013

MotoGP Dinilai 'Terlalu Spanyol'

Kamis, November 21, 2013 By Unknown No comments

Jakarta [ArtikelKeren] MOTOGP - MotoGP musim 2013 berlangsung sengit dengan perebutan juara dunia baru tuntas di seri pamungkas. Namun muncul kekhawatiran kalau MotoGP mulai monoton dan membosankan terkait dominasi rider Spanyol dan dua pabrikan.

Marc Marquez harus berjuang sampai seri terakhir di Valencia sebelum bisa mengukir sejarah menjadi pebalap termuda yang meraih gelar juara dunia MotoGP. Di klasemen akhir, rookie berusia 20 tahun itu cuma unggul empat angka atas Jorge Lorenzo di posisi kedua.

Secara umum, musim balap 2013 berjalan sengit terkait duel dua pebalap tersebut. Namun ada juga yang menilai kalau MotoGP mulai menunjukkan gejala seperti F1: muncul dominasi-dominasi yang membuatnya menjadi sedikit membosankan.

Yang pertama adalah terkait dominasi Honda dan Yamaha. Kedua pabrikan asal Jepang itu menyapu bersih 18 seri yang digelar musim ini. Dominasi mereka diyakini akan bertahan hingga beberapa musim mendatang karena Ducati belum mampu bangkit sementara Kawasaki, Suzuki dan Aprilia dipastikan belum akan ada di atas lintasan musim depan.

Hal lainnya adalah soal dominasi Spanyol. Dari 18 balapan, rider-rider Spanyol (baca: Marquez dan Lorenzo) mengumpulkan 17 kemenangan. Satu-satunya yang berhasil menyelingi keduanya adalah Valentino Rossi.

Betapa berjayanya Spanyol juga terlihat di kelas Moto2 dan Moto3. Pol Espargaro dan Maverick Vinales yang jadi juara dunia di dua kelas tersebut juga sama-sama berpaspor Spanyol.

Di kelas Moto2, dari 17 seri yang digelar 13 di antaranya dimenangi rider Spanyol. Sementara pada Moto2, pebalap-pebalap negeri matador bahkan menyapu bersih kemenangan di 17 balapan.



"Situasinya tidak memuaskan Dorna. Mereka tidak ingin MotoGP menjadi Kejuaraan Spanyol," sahut team principal Monster Yamaha Tech 3 Herve Poncharal.

"Yang jelas Spanyol menangani dengan sangat baik kejuraan nasionalnya. Mereka melakukan apa yang seharusnya dilakukan negara lain. Mereka menggelar kejuaraan (balap motor) dengan level organisasi dan tingkat keseriusan yang sama dengan kejuaraan dunia," lanjut Poncharal di CNN.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebut dirinya ingin melihat ada beberapa negara berbeda memenangi balapan MotoGP. Namun begitu dia juga tak menyangkal kalau seri grand prix kerap memunculkan sebuah era di mana pebalap-pebalap asal sebuah negara bisa mendominasi kompetosi.

"Buat promotor di kejuaraan apapun, yang diinginkan adalah ada pemenang berbeda untuk setiap balapan dan pemenang kejuaraan dari negara berbeda. Tapi faktanya sejarah balap motor penuh dengan dominasi beberapa negara. Kadang untuk memenangi kejuaraan seakan penting untuk menjadi orang Australia, Amerika atau Italia atau Prancis atau Spanyol," ujar Ezpeleta.

Upaya untuk lebih memeratakan kekuatan sebenarnya sudah dilakukan dengan di antaranya menggelar event Red Bull Rookies Cup, yang membuka peluang pebalap dari beberapa negara untuk tampil di MotoGP. Namun sejauh ini dominasi Spanyol masih belum terpatahkan.

"Spanyol dominan di sepakbola, sanggat tangguh di F1, di tenis di basket, bola tangan, di begitu banyak cabang olahraga. Kenapa negara ini sangat kuat saat ini? Saya tidak tahu. (Dominasi mereka) bukan hanya di MotoGP," lanjut Poncharal. (sportdetik/ak27)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN