Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Jumat, 08 November 2013

Bengkalis Pioner Budidaya Kepiting Soka di Riau

Jumat, November 08, 2013 By Unknown No comments

Kepiting Soka
BENGKALIS [ArtikelKeren] NEWS - Saat ini, minat terhadap komoditi Kepiting Soka (Kepiting cangkang lunak) dari mancanegara dan dalam negeri sangat besar. Kabupaten Bengkalispun ikut mengembangkan potensi budidaya perikanan dan kelautan ini.

''Sejauh ini, Balitbang Bengkalis telah melakukan pilot project dan riset terhadap pengembangan Kepiting cangkang lunak di desa Temeran. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dan nelayan setempat dapat pengetahuan dari pilot project tersebut,'' ungkap Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh kepada wartawan, Jumat (8/11/2013).

Dijelaskan Herliyan, program pengembangan potensi Kepiting cangkang lunak sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, sekaligus meningkatkan pendapatan nelayan melalui budi daya Kepiting Soka. Mengingat, selama ini nelayan hanya menghandalkan menangkap ikan di laut, namun dengan budidaya Soka, maka bisa memanen dalam waktu 25 hari.

''Kita merupakan pioner (pertama) pengembangan Kepiting cangkang lunak di Provinsi Riau. Saya berharap, potensi ini digarap secara serius, sehingga Kabupaten Bengkalis menjadi daerah sentra kepiting Soka di Riau maupun Sumatera,'' ungkap Herliyan.

Terkait pengembangan potensi Kepiting Soka ini, Balitang Bengkalis mengikuti Sumatera Expo 2013 di Batam dengan menampilkan Bengkalis Fried Crab (BFC). Produk panganan dari Kepiting lunak ini, ternyata diminati oleh pengunjung lokal maupun mancanegara yang datang ke Sumatera Expo.

''Pengusaha dari Singapura, Batam dan Tanjungpinang, berminat memesan 3 kontainer kepiting lunak setiap bulan. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi nelayan Kabupaten Bengkalis untuk memenuhi pesanan dari pengusaha tersebut,'' tandas Bupati Bengkalis.

Dalam pengembangan potensi kelautan, terutama budidaya Kepiting Soka ini, harus melibatkan seluruh stakeholder seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun pihak swasta. Kedepan Pemkab Bengkalis, dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan, harus mampu mengembangkan potensi ini, sehingga menjadi komoditi handalan Kabupaten Bengkalis.(halloriau)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN