Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Jumat, 18 Oktober 2013

Mencari Solusi Listrik Riau

Jumat, Oktober 18, 2013 By Unknown No comments

Oleh : 




[ArtikelKeren] TAJUK RENCANA - Meski curah hujan mulai deras akhir-akhir ini persoalan listrik padam belum tuntas benar. Memang defisit padam Riau saat ini hampir mencapai 50 MW.

Pada pertemuan dengan IKPP dan RAPP tersebut dipimpin Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis. Dijelaskan Emrizal, kondisi terpasang saat ini adalah 350-400 MW.

Sementara keperluan mencapai 450 MW sehingga memang defisit yang mengakibatkan pemadaman tetap harus dilakukan PLN.

Upaya menekan hingga angka 50 MW adalah dengan pengurangan daya listrik industri sebesar 10-15 MW. Ditambah dengan curah hujan yang semakin tinggi pada Oktober ini bisa menambah daya 5-10 MW.

PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau berupaya untuk membeli daya dari perusahaan besar di Provinsi Riau seperti PT IKPP di Perawang dan PT RAPP di Pangkalankerinci.

Ini merupakan salah satu solusi jangka pendek yang dilakukan PLN mengatasi defisit daya di sistem Riau yang mencapai 80 MW.

Untuk penambahan daya, PLN melihat masih ada cadangan pembangkit yang cukup besar dari pihak swasta. General Manager (GM) PLN WRKR, Doddy B Pangaribuan meminta 50 MW dari masing-masing perusahaan.

Persoalannya tentu tidak semudah itu. Pertama, terkait harga tentunya harga harus disesuaikan dengan harga keekonomian sehingga harga yang berlaku layak bisnis.

Tentu perusahaan tidak mau rugi bila harga produksi listrik lebih besar dari harga jual. Tentang hal ini kita maklum.

Kedua, katakanlah harga keekonomian disepakati, namun belum tentu juga perusahaan besar tersebut punya daya sebesar itu untuk dilepas ke luar. Sebab bila mereka lepas ke luar tentunya cadangan mereka juga berkurang untuk menjaga produksi.

Sekarang persoalannya adalah PLN tidak bisa begitu saja melimpahkan keperluan daya itu kepada pihak lain dalam hal ini perusahaan yang memiliki cadangan listrik untuk produksi tersebut.

Apalagi selama ini dua perusahaan tersebut sudah ada membantu. Seperti IKPP sebanyak 3 MW dan RAPP sebanyak 7 MW.

Ada pertanyaan selama ini mengapa mereka tidak mau melepas atau menjual cadangan itu ke PLN. Hanya ada dua kemungkinan.

Pertama, cadangan sebesar itu tidak dimiliki. Kedua, jika dimiliki ketika akan dilepas ke PLN jauh dari harga keekonomian sehingga secara bisnis merugi. Tentulah perusahaan tidak mau merugi. Apalagi core bisnis mereka bukan jual-menjual setrum.

PLN harus punya rencana cadangan yang dapat diterapkan bila upaya membeli cadangan pihak swasta kandas. Cara yang paling tepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis listrik adalah melakukan langkah darurat, yakni menyewa genset sembari menunggu pembangkit diperbaiki.

Bahkan cara ini sudah diperintahkan Meneg BUMN Dahlan Iskan. Direksi PLN harus berani mengambil langkah darurat, yakni menyewa genset dengan risiko dituduh melakukan inefisiensi.

Selain menyewa genset, kata Dahlan, ada solusi lain dalam mengatasi krisis pasokan listrik yakni membangun transmisi dari Palembang ke Medan.

Problemnya: perlu waktu tiga tahun. Sedangkan krisisnya sekarang ini. Maka solusinya adalah sewa genset. Namun mengapa hingga sekarang solusi itu masih belum dijalankan?***

Sumber : riaupos.co

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN