Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Senin, 07 Oktober 2013

2014, Kilang Sagu Selatpanjang Wajib Punya IPAL

Senin, Oktober 07, 2013 By Unknown No comments

2014, Kilang Sagu Selatpanjang Wajib Punya IPAL
SELATPANJANG [ArtikelKeren] NEWS - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Meranti menargetkan pada tahun 2014 mendatang seluruh Kilang Sagu sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Para pemilik kilang juga diminta mengurus Izin Upaya Kelola Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. Irmansyah MSi, Senin (7/10/2013) di Selatpanjang. Dikatakannya, umumnya izin Amdal, UKL dan UPL pada kilang-kilang sagu yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah kadaluarsa.

''Sebelumnya ada yang punya izin Amdal, UKL dan UPL sejak zaman Kabupaten Bengkalis, tapi sekarang sudah mati. Jadi mulai saat ini secara bertahap para pemilik kilang sagu kita berikan pemahaman untuk peduli terhadap pengelolaan lingkungan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,'' ujarnya.

Irmansyah menjelaskan, BLH Kepulauan Meranti kerap menerima keluhan dari para nelayan terkait pencemaran limbah dari pengolahan sagu diperairan sungai dan laut. 

''Seharusnya, seluruh pengelola kilang sagu terlebih dahulu menampung limbah itu, diendapkan, baru kemudian dibuang, sehingga tidak mencemari biota ikan dan lainnya di perairan sungai dan laut,'' ingatnya.

Melalui usulan APBD Perubahan tahun 2013 ini, lanjutnya, BLH Kepulauan Meranti akan menggelar kegiatan sosialisasi tentang SOP pengolahan limbah sagu kepada seluruh pemilik dan pengelola kilang sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dengan kegiatan sosialisasi itu, diharapkan terbangun kesadaran pemilik kilang sagu dalam mengelolaan lingkungan.

''Kita cukup khawatir dengan ancaman pencemaran limbah di perairan sungai dan laut Kabupaten Kepulauan Meranti. Berdasarkan hasil uji sampel di laboratorium PT. Sucofindo empat bulan lalu, terbukti disejumlah wilayah sekitar kilang sagu telah terjadi pencemaran lingkungan akibat dari pembuangan limbah sagu," ungkapnya.

Sumber : halloriau

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN