Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Senin, 25 November 2013

Jamaah Jangan Sepelekan Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Senin, November 25, 2013 By Unknown No comments

JAKARTA [ArtikelKeren] NEWS - Kementerian Agama (Kemenag) mulai mengevaluasi pelaksanaan haji periode 2013. Diantaranya adalah pemberian kartu kewaspadaan kesehatan kepada jamaah haji sepulang dari Arab Saudi. Kartu kesehatan itu penting untuk memantau penularan virus Corona yang merebak di jazirah Arab.

Menag Suryadharma Ali mengatakan, kartu kewaspadaan kesehatan otomatis di berika kepada seluruh jamaah haji. Baik yang pulang dalam keadaan sehat maupun yang sakit. "Jamaah yang sudah di rumah, diminta untuk berkala mengecek kondisi kesehatan di unit pelayanan medis terdekat," ujarnya. Diantaranya para jamaah bisa menggunakan jasa medis di Puskesmas.

Anjuran ini dipertegas untuk jamaah haji yang pulang di tanah air dengan kondisi demam atau gangguan pernafasan. Sebab dua ganggungan itu sama dengan gejala awal infeksi virus Corona. Kemenag terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menjamin kondisi jamaah haji sepulang dari beribadah.

Kemenkes sudah menetapkan upaya darurat jika ditemukan jamaah haji yang pulang dari Saudi dan suspect virus Corona. Yakni dengan penanganan intensif di rumah sakti daerah. Untuk kondisi darurat, pelayanan bisa mengaktifkan sarana penanggulangan virus flu burung. Sebab sarana kesehatan yang spesifik untuk penangan virus Corona belum ada.

Bahan evaluasi berikutnya adalah urusan angkutan penerbangan. Menteri yang akrab disapa SDA itu menuturkan, catatan ketepatan waktu (on time performance/OTP) pemulangan jamaah adalah 90,4 persen untuk maskapai Garuda dan 91,1 persen untuk Saudi Arabia Airlines.

"Catatan OTP tahun ini lebih bagus dibandingkan dengan tahun lalu," ujarnya. Dimana pada periode haji 2013 catatan OTP Garuda adalah 79 persen dan Saudi Arabia Airlines 87 persen. SDA menuturkan penyebab keterlambatan keberangkatan pesawat dari Saudi Arabia lebih banyak disebabkan faktor kemacetan atau antrean di gerbang bandara (gate congestion).

Sementara itu hingga penghujung penerbangan kepulangan terakhir, jumlah jamaah haji yang meninggal sebanyak 261 orang (12 orang diantaranya jamaah haji khusus). Sedangkan pada musim haji 2012 lalu, jumlah jamaah haji yang meninggal mencapai 425 orang. Data ini tidak bisa dibuat perbandingan, karena kuota haji 2013 jauh lebih sedikit dibanding periode 2012. (ak27/jpnn)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN