Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Minggu, 14 Juli 2013

Kompang | Salah Satu Seni Budaya Lama di Bengkalis

Minggu, Juli 14, 2013 By Unknown No comments

Kompang | Salah Satu Seni Budaya Lama di Bengkalis
[Artikelkeren] CULTURE - Seni kebudayaan menabuh kompang menjadi salah satu budaya lama di Bengkalis. Hampir seluruh pelosok desa di Kabupaten Bengkalis memiliki team atau kelompok kompang.

Bisa dikatakan, kompang sudah menjadi seni budaya yang mendarah daging di masyarakat Bengkalis. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis H Tuah Hasrun Saily baru-baru ini kepada wartawan.

Beberapa bulan lalu, sambung H Tuah, Disbudparpora telah melaksanakan festival kompang. Ternyata pesertanya juga diikuti hampir seluruh desa di Kecamatan Bengkalis. Sehingga terpikirkan, ada baiknya kompang ini tetap dilestarikan, jika perlu ivennya dibuat lebih meriah dan besar lagi hingga menembus tingkat provinsi dan nasional.

“Paling tidak bisa lebih selektif dan menjaring kelompok kompang yang benar-benar bagus, dan bisa menembus ivent tingkat Kabupaten dan Provinsi. Dan saat ini sedang kita upayakan program ini bisa berjalan,” paparnya.

Pada festival tahunan bertajuk Festival Kompang Arak-Arakan Tahun 2012, selama sehari penuh. Yang tampil memukau itu berasal dari Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, dan unggul sebagai juara. Jika perlu awal seni budaya kompang ini, terlebih dahulu diinventarisir, sehingga kebudayaan kompang tetap membumi di tanah melayu Kabupaten Bengkalis ini.

Seni kompang ini juga, kata H Tuah, diharapkan bisa eksis dan hidup terus di Bengkalis, dan tidak luntur seiring dengan perkembangan zaman dan berjalannya waktu. (eko)


0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN