Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Rabu, 10 Juli 2013

Jangan Makan Apel Bersama Bijinya

Rabu, Juli 10, 2013 By Unknown No comments

Jangan Makan Apel Bersama Bijinya
[ArtikelKeren] HEALTH FOOD - Sebagian ahli gizi merekomendasikan agar apel dimakan bersama dengan kulitnya supaya manfaat seratnya bisa didapatkan. Meski begitu jangan makan apel bersama dengan bijinya.

Biji apel mengandung zat amygdalin yang di dalam organ pencernaan bisa diubah menjadi hidrogen cyanide yang beracun. Tetapi kalau hanya mengonsumsi satu buah apel tentu efek toksik dari biji tersebut sangat kecil.

Apel bukanlah satu-satunya buah yang mengandung amygladin. Buah lainnya antara lain aprikot, peach, plum, almond, dan quince. Kadar amygdalin dalam apel tergolong kecil dan bijinya harus dikunyah dengan baik baru zat tersebut keluar.

Amygdalin adalah tokin glycoside yang jika digabung dengan enzim pencernaan menghasilkan hydrogen cyanide, racun yang sama dengan yang disebut Cylon B. Racun tersebut juga dipakai untuk pembunuhan masal di kamp konsentrasi saat Perang Dunia II.

Meski begitu buah atau biji buah yang mengandung amygdalin bisa diproses untuk menghilangkan zat beracunnya. Contohnya adalah singkong yang kandungan cyanogennya sangat tinggi tapi bisa diolah menjadi tepung tapioka. Proses pemasakan juga membuat cyanogen dalam singkong menjadi tidak berbahaya. Racun dalam kacang almond juga bisa dihilangkan dengan proses sedemikian rupa.

Amygdalin yang sudah diubah menjadi hidrogen cyanide bisa berbahaya karena ia akan mengurangi kemampuan sel darah merah membawa oksigen. Meski dalam jumlah kecil tubuh bisa membuang hidrogen cyanide, tapi dalam jumlah besar bisa berakibat fatal.

Seseorang yang keracunan hidrogen cyanide akan mengalami gejala gemetar, lemas, mual, muntah, detak jantung berdebar cepat, dan sakit kepala. Dalam jumlah besar hidrogen cyanide akan menyebabkan sesak napas, koma, gagal napas, tekanan darah rendah, kerusakan paru, bahkan kematian.

Tetapi tak perlu khawatir karena memakan satu buah apel utuh bersama bijinya tak akan membuat kita keracunan. Permukaan biji yang keras menjaga agar racun tetap berada di dalam biji dan bisa melewati organ pencernaan secara utuh.

Karena itu jangan pernah menggigit biji apel. Atau jika ingin lebih aman buanglah biji apel sebelum dikonsumsi, terlebih untuk anak yang kadar toleransi tubuhnya terhadap amygdalin masih rendah. Buang juga biji apel sebelum apel diblender atau dibuat jus, dibuat selai, atau sirup.


Sumber : LiveStrong
Editor   : Ananda Donie

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN