Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 26 Desember 2013

Hanya 1,7% Penduduk RI yang Jadi PNS

Kamis, Desember 26, 2013 By Unknown No comments

JAKARTA [ArtikelKeren] NEWS - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengakui Indonesia masih membutuhkan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melayani penduduk sekitar 240 juta jiwa.

Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsa Atmaja mengatakan, perbandingan antara jumlah penduduk dan PNS di negara ini sekitar 1,7%.

"Prosentase ini masih jauh di bawah negara lain, seperti Brunei Darussalam yang memiliki perbandingan 3% dan Singapura sekitar 2% antara PNS dan basis penduduknya," jelasnya, seperti ditulis Kamis (26/12/2013).

Meski tak menyebut secara spesifik kebutuhan ideal PNS di Indonesia, namun Setiawan menyebut total pegawai negeri sampai dengan saat ini mencapai angka 4,4 juta orang.

Dia menghitung kebutuhan PNS setiap tahun sekitar 100 ribu-120 ribu orang. Kemenpan RB telah memproyeksikan kebutuhan abdi negara tersebut dalam lima tahun ke depan sekitar 500 ribu-600 ribu PNS.

"Bicara ideal atau tidaknya, Indonesia tidak bisa dibandingkan juga dengan negara lain secara apple to apple. Karena kita juga harus mempertimbangkan geografis kita," sambungnya.

Setiawan mencontohkan, pemerintah bisa saja menyediakan PNS dalam jumlah banyak dengan perbandingan 1:5 (satu PNS melayani lima orang penduduk).

"Kalau lima orang penduduk tersebar di pulau sana dan pulau sini, kan susah juga. Ini yang harus dipertimbangkan selain anggaran untuk membiayai aparat negara tersebut," kata dia.

Kendati demikian, Setiawan mengakui bila jumlah PNS yang kurang di sebuah negara akan berdampak terhadap kualitas pelayanan publik. "Pelayanan publik jadi lama dan sebagainya. Tapi kami tidak hanya mengejar kuantitas saja tapi dari sisi kualitas pun harus diperhatikan. Makanya kami mengadakan tes CPNS supaya memperoleh PNS dengan kualitas sesuai harapan," tukas dia. (ak27)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN