Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 26 Desember 2013

Apa Kata Mereka yang Gagal Jadi PNS

Kamis, Desember 26, 2013 By Unknown No comments

JAKARTA [ArtikelKeren] NEWS - Pengumuman hasil tes tertulis pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tingkat kementerian telah dilakukan secara serentak pada Rabu (24/12/2013) lalu.

Dari tes tersebut, ada CPNS yang lolos untuk mengikuti tes tahap selanjutnya, meski ada juga yang gagal dan terpaksa harus menunda keinginannya untuk menjadi abdi rakyat pada tahun depan.

Dari perbincangan dengan Liputan6.com, salah satu CPNS yang gagal lolos ke tahap tes selanjutnya yaitu Nisa Tiara Putri (25) mengaku telag mengikuti tes CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) untuk kompartemen Hubungan Masyarakat (Humas) dan Informasi, bagian Pranata Humas.

Wanita yang berdomisili di Manggarai, Jakarta Selatan ini mengaku baru pertama kali mengikuti seleksi penerimaan PNS. Awalnya dia merasa cukup yakin dapat lolos pada tes tahap kedua ini. Namun sepertinya Dewi Fortuna belum berpihak padanya untuk dapat menjadi PNS.

"Awalnya cukup yakin, karena soal yang diberikan saya rasa cukup mudah. Tapi memang belum rezekinya bisa masuk ke sana," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Kamis (26/12/2013).

Dia mengatakan memang sulit bersaing dengan ratusan ribuan orang yang juga berkeinginan untuk menjadi PNS. Apalagi bagian yang dituju, yaitu pranata humas di Kemendikbud hanya menyediakan 1 slot pegawai.

"Saingannya pasti banyak yang mau masuk ke sana. Jadi ternyata memang sulit untuk lolos," lanjut dia.

Nisa menjelaskan, alasan berkeinginan menjadi PNS di kementerian tersebut karena dirinya ingin mendapat pengangkatan sebagai pegawai tetap. Saat ini dia sudah bekerja di Kemendikbud sebagai pegawai honorer.

"Menjadi PNS itu memberikan jaminan kehidupan buat kita sampai meninggal. Karena setelah pensiun pun, kita masih menerima uang pensiun atau tunjangan lain. Saya juga merasa nyaman bekerja disana," jelasnya.

Nisa juga menyatakan bahwa ungkapan yang menyebutkan asal ada 'orang dalam' pasti bisa dengan mudah menjadi PNS itu salah besar.

Buktinya dia yang memiliki banyak kerabat termasuk sang ibu menjadi PNS di kementerian tersebut pun bukan menjadi jaminan bisa lolos dengan mudah.

"Mungkin yang seperti itu ada semasa dulu. Tapi sekarang sudah tidak bisa lagi, sekarang memang harus berusaha sendiri biar bisa keterima," tegas dia.

Meskipun belum lolos pada tes kali ini, Nisa masih berkeinginan untuk mengikuti tes penerimaan PNS pada tahun depan dan berharap bisa lolos menjadi PNS pada penerimaan selanjutnya.

"Iya masih mau ikut lagi, secara batasan umur CPNS kan sampai 30 tahun. Mudah-mudah bisa keterima kalau tahun depan ada penerimaan lagi," tandas dia.

Mantan peserta tes CPNS 2013 Regita Kurniavi (21) mengatakan, proses penerimaan CPNS tahun ini sudah sedikit lebih baik dan transparan ketimbang tahun-tahun sebelumnya. "Proses yang sekarang secara logika sudah baik," kata Gita.

Mantan peserta tes CPNS Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini mengungkapkan, dengan proses penerimaan saat ini yang sebagian besarnya menggunakan sistem komputerisasi, bisa meminimalisir tindakan nepotisme, yang dilakukan panitia penerimaan dengan peserta CPNS.

"Kemungkinan untuk KKN (kolusi korupsi, Nepotisme) bisa saja, tapi kayanya lebih sedikit," ungkapnya.

Namun menurut dia, proses komputerisasi tidak mudah di aplikasikan. Pasalnya sempat membingungkan karena kalimat perintah dalam regristrasi bermakna ganda (ambigu).Meski begitu, Gita merasa puas dengan proses tersebut, dan ingin mencoba kembali jika pemerintah kesempatan. "Tapi nggak apa-apa. Dari pada ngerasa nggak adil karena yang kaya bisa menyuap PNS lain (panitia) supaya bisa jadi PNS juga," pungkasnya. (ak27)

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN