Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Jumat, 30 Agustus 2013

Kedelai Tembus Rp9.200 per Kilogram

Jumat, Agustus 30, 2013 By Unknown No comments

Kedelai Tembus Rp9.200 per Kilogram
PEKANBARU [ArtikelKeren] NEWS - Kenaikan kacang kedelai terjadi di Pekanbaru. Jika di Jakarta kedelai naik menjadi Rp9.500 per kilogram, di Pekanbaru naik menjadi Rp9.200 per kilogram.

Kenaikan kedelai di Pekanbaru dipengaruhi dengan tersendatnya distribusi kedelai dari pihak importir kacang kedelai.

Kepala Seksi (Kasi) Meterologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Mega Miko, menyebutkan tidak dapat memprediksi sampai kapan harga kedelai di Pekanbaru kembali normal. Harga normal kedelai di Pekanbaru Rp7.000 per kilonya.

‘’Harga normal jika distribusi lancar, tapi kondisinya saat ini distribusi kedelai dari importir ada masalah. Itu informasinya yang kita kumpulkan sementara ini,’’ ujarnya kepada Riau Pos, Kamis (29/8) di ruang kerjanya.

Selama ini, kedelai yang dipasok di Pekanbaru dan sekitarnya didatangkan dari importir Medan dan Dumai. Setidaknya dapat mencapai ratusan ton kedelai yang didistribusikan ke wilayah Pekanbaru.

‘’Kedelai yang masuk di Pekanbaru berasal dari Amerika melalui Medan dan Dumai. Kini kondisinya sudah stok berkurang distribusinya juga terganggu,’’ katanya.

Dampaknya dirasakan oleh pengrajin tahu dan tempe di Pekanbaru yang dinilai Disperindag cukup banyak tersebut. ‘’Perajin tahu dan tempe cukup banyak di Pekanbaru, pastilah berdampak pada mereka. Konsumen tahu dan tempe di Pekanbaru saya kira cukup banyak,’’ sebutnya.

Dikatakan dia, terganggunya pasokan distribusi kacang kedelai di Pekanbaru telah berlaku sejak sepakan terakhir ini. Terkait kebijakan menormalkan tingginya harga kedelai, Disperindag menyerahkan kebijakan tersebut di tingkat pusat.

Karena menurutnya terkait impor tersebut menjadi urusan pemerintah pusat. ‘’Tinggal menunggu kebijakan pusat lagi,’’ imbuh dia.

Berdasarkan pantauan Disperindag Pekanbaru sampai Kamis (29/8), kenaikan harga kedelai di tingkat eceran dijual Rp9.200 per kilogram.

Sementara di tingkat sub agen, kacang kedelai per satu karung 50 kilogram dari Rp430.000 naik menjadi Rp455.000. Untuk mengetahui perkembangan harga kedelai di Pekanbaru, Disperindag Pekanbaru meningkatkan pantauannya dan koordinasi dengan instansi terkait lainya.

Kenaikan harga kedelai di Pekanbaru sebelumnya pernah terjadi. Kenaikan kacang kedelai terjadi sekitar akhir tahun 2012 lalu. Kenaikan harga saat itu dari Rp5.000 per kilo naik menjadi Rp9.000 per kilogram.

Setelahnya normal kembali dan tahun 2013 kembali mengalaminya lagi. Dalam dua tahun terakhir harga kacang kedelai sudah mengalami kenaikan dua kali.

Sumber : riaupos.co

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN