Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Kamis, 19 September 2013

Seni Kebudayaan Riau

Kamis, September 19, 2013 By Unknown No comments

Seni Kebudayaan Riau
[ArtikelKeren] CULTURE – Dalam hal budaya Riau sangat menjaga nilai-nilai tradisi kebudayaan melayu di Indonesia. Adat istiadat yang berasal dari kebudayaan Riau bias berkembang dengan baik dengan ciri khas melayu.

Adat budaya melayu inilah yang mengatur hamper semua kegiatan dan tingkah laku masyarakat Riau dengan bersendikan syariat islam. Hamper semua penduduk Riau berasal dari suku melayu seperti suku Bugis, suku Banjar, Mandahiling, Minangkabau serta Batak. Naun tidak sedikit pula suku pendatang seperti suku Jawa dan China.

Rumah Adat Riau
Jenis rumah tradisional Daerah Riau cukup beragam, namun secara umum terdapat 5 macam rumah tradisional yang berasal dari Riau diantaranya adalah Rumah Melayu Atap Limas, Rumah Melayu Lipat Kajang, Balai Salaso Jatuh, Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar dan Rumah Melayu Atap Lontik.

Pakaian Daerah Riau
Bagi kebanyakan orang melayu di Riau, fungsi dari pakaian selain untuk penutup aurat, melindungi badan dari teriknya panas serta udara dingin, pakaian daerah Riau juga memiliki lambing. Lambing-lambang yang terdapat dari pakaian tersebut memiliki nilai-nilai yang luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakat melayu riau.

Lambing-lambang budaya dari pakaian daerah Riau tersebut memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting dalam kehidupan orang riau. Ketentuan pakaian adat tersebut meliputi bentuk, corak (motif), warna, pemakaian, serta penggunaan pakaian. Ketentuan-ketentuan pakaian adat tersebut diberlakukan untuk mendidik dan meningkatkan akhlak orang yang memakainya

Seni dan Budaya Riau
Hamper semua seni kebudayaan daerah Riau merupakan kebudayaan melayu. Bentuk seni dan budaya yang berkembang di Riau terdiri dari beragam budaya yang dibedakan dari factor sosiologisnya. Kesenian melayu Riau adalah sebagai salah satu produk kebudayaan yang ada di daerah Riau. Di provinsi Riau ada beberapa bentuk kesenian seperti pertunjukan seni teater, seni tari music, nyanyian dan juga seni sastra. Untuk seni teater terdapat banyak macamnya seperti Teater Bangsawan atau kalau di masyarakat Riau lebih dikenal dengan Wayang Persi, Berdah, Mendu, Nandai, Randai Kuantan, Surat Kapal, Berbalas Pantun, Dul Muluk, Nandung, Mak Yong, Memanda.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN