Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Senin, 23 September 2013

Lestarikan Kesenian Daerah, Pemkab Gelar Festival Rebana

Senin, September 23, 2013 By Unknown No comments

Lestarikan Kesenian Daerah, Pemkab Gelar Festival Rebana
BENGKALIS [ArtikelKeren] NEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan menggelar kegiatan festival rebana antar kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. Kegiatan yang dikoordinir oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) tersebut memperebutkan hadiah uang tunai dengan nilai total sebesar Rp. 30 juta lebih.

Kepala Disbudparpora Bengkalis H. Eduar saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Bengkalis, Senin (23/9/2013) membenarkan tentang akan adanya kegiatan tersebut. Saat ini panitia yang telah dibentuk sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran kegiatan.

''Acaranya dimulai dari tanggal 24 September, tapi untuk acara puncak sekaligus pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah pada tanggal 26 September,'' ujar Eduar seraya menambahkan kalau acara puncak akan dilaksanakan di Lapangan Tugu Bengkalis.

Dikatakan, potensi musik tradisional termasuk rebana pada perkembangan saat ini memiliki andil yang besar dalam perkembangan kepariwisataan daerah, baik kabupaten maupun tingkat propinsi. Apabila tetap terpelihara dan dijaga dengan baik oleh semua lapisan masyarakat secara berkelanjutan, maka akan menjadi potensi yang besar dalam menanamkan nilai-nilai moral.

''Kita berharap festival ini bukan hanya sekedar kegiatan rutin tapi hendaknya mendorong minat generasi muda dan masyarakat untuk lebih mengenal, memahami, dan menghargai kesenian tradisional agar dapat berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan,'' ujar mantan Kadis BPMPD tersebut.

Terpisah, Kasi Kesenian Disbudparpora, Khairani saat dihubungi menambahkan, melalui festival juga pihaknya memberikan kesempatan bagi para pencinta kesenian tradisional untuk dapat mengembangkan bakat senin musik maupun suara melalui lagu-lagu yang didendangkan senada dengan alat musik tradisional yang dimainkan.

Saat ditanya total peserta yang ambil bagian, wanita berjilbab ini mengatakan 8 grup dari 8 kecamatan dengan setiap grupnya berjumlah maksimal 12 orang. Mereka akan menyanyikan dua kategori lagu yaitu wajib dan pilihan. Untuk lagu wajib berjudul Alquran sedangkan untuk lagu pilihan berjudul Cita-Cita dan Musafir.

''Unsur penilaian dewan juri meliputi olah suara atau vokal penyanyi, aksi panggung atau teknik penampilan (kreasi gerak), kemudian kostum bernuansa melayu dan kekompakan serta ekspressi dalam penampilan,'' ujar perempuan yang akrab disapa Rani.

Sementara untuk hadiah, Rani menyebutkan total Rp. 30 juta lebih belum dipotong pajak dengan rincian untuk penyaji terbaik I meraih uang tunai sebesar Rp. 8 juta, penyaji terbaik II meraih uang tunai sebesar Rp. 7 juta dan penyaji terbaik III meraih uang tunai sebesar Rp. 6 juta.

''Sedangkan untuk harapan I meraih uang tunai sebesar Rp. 5 juta, harapan II sebesar Rp. 4,5 juta dan harapan III sebesar Rp. 3 juta,'' katanya.

Sumber : halloriau

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN