Dalam setiap kehidupan, ada kesedihan dan kebahagiaan, ada hari dimana kita kehilangan kepercayaan kita, hari dimana teman kita melawan diri kita sendiri. Tapi hari itu tak akan pernah datang saat kita membela suatu hal yang paling berharga dalam hidup ~ @MotivatorSuper

Jumat, 12 Juli 2013

Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf

Jumat, Juli 12, 2013 By Unknown No comments

[ArtikelKeren] EDUCATION - Untuk memahami dengan cepat maksud sebuah paragraf adalah dengan cara menemukan ide pokok paragraf nya. Ide pokok paragraf ini terletak dibagian kalimat utamanya. Dan bagaimana cara menemukannya? Sebelum kita lihat cara melakukannya lebih baiknya kita pahami dulu jenis-jenis paragrafberikut ini.
 
Paragraf Deduktifparagraf deduktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya pada kalimat utama yang terletak di bagian awal paragraf. Paragraf dengan tipe ini memiliki alur khusus ke umum. Paragraf dikembangkan dengan menggunakan ide pokok pikiran yang terletak di kalimat pertama.

Paragraf InduktifParagraf induktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya di akhir paragraf. Paragraf induktif disusun dengan menguraikan ide pokok pikiran yang terletak di akhir paragraf.

Paragraf CampuranParagraf campuran adalah paragraf yang menempatkan ide pokok pikirannya di awal paragraf dan kemudian dipertegas lagi di akhir paragraf.

Selain ketiga paragraf di atas masih ada 1 paragraf lagi yakni paragraf naratif atau deskriptif yang memiliki ide poko pikiran yang tersirat di dalam paragraf.

Oke, setelah kota paham dengan jenis-jenis paragraf yang ada selanjutnya kita akan membahas langkah-langkah untuk menemukan ide pokok pikiran di dalam sebuah paragraf. Berikut langkah-langkahnya ;

  1. Bacalah paragraf tersebut dengan cermat.
  2. Jika paragraf tersebut non-fiksi maka cermatilah kalimat pertama dan akhir. Lihat pengembangannya cenderung mengikuti bagian mana.
  3. Jika paragraf fiksi maka cermatilah setiap paragraf yang ada karena bisa jadi itu adalah paragraf naratif.
  4. Jika kalimatnya sudah ditemukan silahkan ambil ide pokok yang ada di dalamnya
Demikian sedikit penjelasan tentang cara menemukan ide pokok paragraf. Jika masi kurang mengerti silahkan diskusikan dengan temanmu untuk mempermudah pemahaman. Semoga bermanfaat.


Anda baru saja membaca Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf. Artikel ini ditulis di dalam kategori Sastra Indonesia. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda. Semoga hari ini menyenangkan.


http://artikelkeren27.blogspot.com/2014/01/hasil-seleksi-cpns-kota-pekanbaru-2013.html

http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-kelulusan-cpns-kementerian.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/pengumuman-daftar-nilai-tkd-dan-tkb.html



http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-indragiri.html


http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-kuantan.html
http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/hasil-seleksi-cpns-kabupaten-siak-2013.html










PETUNJUK PENGGUNAAN